Arti Taaruf Menurut Al Quran dan Kamus Besar Bahasa Indonesia


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, 

Berikut ini dua sumber yang mengartikan kata taaruf :

1. Kata Taaruf di Al Quran

Kata taaruf dalam Al Quran salah satunya terdapat dalam surat Al Hujurat ayat 13 ini : 

 
Yaa ayyuhannaasu innaa khalaqnaakum min dzakarin wa untsaa wa ja'alnaakum syu'uubaw wa qabaaila lita'aarafu. Inna akramakum 'indallahi atqaakum. Innallaha 'aliimun khabiir.

Artinya :

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

2. Kata Taaruf di Kamus Besar Bahasa Indonesia

Arti kata taaruf menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) bisa dicek di website KBBI Daring (dalam jaringan/online) berikut ini : https://kbbi.kemdikbud.go.id/ ; masukkan kata ‘taaruf’, atau bisa juga ditemukan di link ini : https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/taaruf.

Hasilnya : 

ta·a·ruf n Ar perkenalan: para peserta musabaqah yang datang dari berbagai negara sahabat dan peserta dari dalam negeri mengadakan pawai -- keliling kota

Kedua sumber tersebut  mengartikan taaruf dalam maksud yang sama, yaitu saling mengenal atau perkenalan, berkenalan dalam artian yang luas. Namun, belakangan ini makna taaruf semakin menyempit, banyak yang memaknainya sebagai ikhtiar perkenalan menuju pernikahan. Padahal, sekedar menanyakan nama seseorang pun sudah termasuk aktivitas taaruf, yaitu aktivitas mengenal nama orang tersebut. 

Jadi, tinggal sesuaikan saja makna taaruf ini dengan konteks yang ada. Apabila digunakan dalam ‘pawai taaruf’ atau ‘pekan taaruf mahasiswa baru’, tentunya yang dimaksud adalah perkenalan dalam artian luas, bukan ajang perjodohan antar peserta pawai atau perjodohan antar mahasiswa baru. Sedangkan makna taaruf yang banyak digunakan di RumahTaaruf.com memang diartikan taaruf menuju pernikahan atau taaruf pranikah, ditulis taaruf saja untuk memudahkan penyebutan.

Semoga bermanfaat dan memberikan pencerahan.

Salam,

Maswahyu ST (Spesialis Ta'aruf)
Admin RumahTaaruf.com
Website : www.maswahyu.com
Twitter : @MaswahyuST  

Pencarian Profil Anggota Taaruf

Gunakan fasilitas ini untuk mencari biodata singkat anggota taaruf dengan kata kunci sesuai kriteria.

Artikel