Rumah Taaruf myQuran

SEJARAH

Rumah Taaruf myQuran adalah sebuah media Islam nonprofit yang memiliki spesialisasi di bidang taaruf pranikah. Keberadaan Rumah Taaruf myQuran tak lepas dari lahirnya forum diskusi Islam online myQuran. Diawali dari tahun 2001 dengan nama subforum Perkenalan dan Perjodohan yang merupakan salah satu bagian dari forum, pada tahun 2004 berubah nama menjadi subforum Taaruf, Pernikahan, dan Jalin Rumah Tangga (Tahan Jaga) yang dijadikan sebagai fasilitas taaruf dan pencarian jodoh oleh anggota forum, sekaligus sebagai sarana diskusi seputar pernikahan dan rumah tangga.


Untuk memfokuskan pembahasan, subforum tersebut dibagi lagi menjadi subforum Bina Keluarga yang berfokus pada diskusi seputar pernikahan dan rumah tangga, serta subforum Proses Taaruf sebagai sarana taaruf dan pencarian jodoh anggota forum. Tahun 2011 hingga akhir 2013 subforum Proses Taaruf berubah nama menjadi subforum Taaruf dan Jodoh, hingga akhirnya pada bulan Januari 2014 berdirilah Rumah Taaruf myQuran dengan alamat domain situs www.RumahTaaruf.com untuk lebih meningkatkan kemanfaatan bagi ummat.

PEDOMAN

"Dan nikahkanlah orang-orang yang membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba  sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan Karunia-Nya. Dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui." (QS. An-Nuur 24 : 32)

Anjuran dalam Islam bukan hanya 'menikahlah', tapi juga 'nikahkanlah', baik itu orang tua yang menikahkan anaknya, maupun orang di sekitar si bujangan/gadis yang membantu si bujangan/gadis untuk menemukan pasangannya. Ikhtiar mempertemukan si bujangan/gadis dengan pasangannya melalui aktivitas taaruf pranikah (biasa kami tulis "taaruf" saja) berpedoman pada beberapa prinsip ini :

1. Adanya Orang Ketiga

 Dari Jabir Bin Samurah Radhyallahu'anhu, dari Rasulullah bersabda : "Janganlah salah seorang dari kalian berdua-duaan dengan wanita, karena syaitan akan menjadi ketiganya" (HR. Ahmad dan Tirmidzi).

Aktivitas taaruf diperantarai oleh moderator/mediator yang akan mendampingi selama berjalannya proses. Komunikasi pun hanya diperbolehkan lewat perantaraan moderator/mediator untuk menghindari dampak negatif komunikasi langsung antara pihak-pihak yang bertaaruf. Komunikasi secara langsung antar anggota taaruf baru diperbolehkan setelah tahap lebih serius ke kedua keluarga dalam mempersiapkan pernikahan, tentu dengan tetap menjaga adab-adab komunikasi dan interaksi antar non mahram.

2. Bersifat Rahasia
 
"Rahasiakan pinangan, umumkanlah pernikahan (HR. Ath Thabrani) 
Hadits yang lebih shahih hanya berbunyi “Umumkanlah pernikahan.” (HR. Ahmad)

Pinangan/lamaran pernikahan dianjurkan untuk dirahasiakan, tentu proses taaruf yang mendahului pinangan tersebut juga perlu dirahasiakan. Proses taaruf di Rumah Taaruf myQuran hanya diketahui oleh moderator/mediator proses dan kedua belah pihak yang bertaaruf. Profil singkat biodata taaruf yang ditampilkan di website berupa data-data umum, tanpa menyebut nama pemilik biodata, dan tanpa pajangan foto pemilik biodata. Saat proses tukar menukar biodata data-data pribadi tidak disampaikan sehingga privasi anggota taaruf tetap terjaga.

3. Aktivitas Nazhor

Dari Al-Mughiroh bin Syu'bah radhiyallahu'anhu bahwasannya beliau melamar seorang wanita maka Nabi shallallahu'alaihiwasallam pun berkata kepadanya "Lihatlah ia (wanita yang kau lamar tersebut) karena hal itu akan lebih menimbulkan kasih sayang dan kedekatan diantara kalian berdua."

Salah satu aktivitas di proses Taaruf Offline adalah nazhor / melihat kondisi sebenarnya pihak yang bertaaruf dengan pendampingan mediator taaruf. Proses ini merupakan proses lanjutan proses Taaruf Online, yaitu setelah pihak yang bertaaruf bertukar biodata dan bertanya jawab lewat email dengan perantara moderator. Dengan adanya taaruf offline maka kondisi nyata pihak yang bertaaruf dapat diketahui lebih jauh dibandingkan dengan hanya melihat beberapa halaman biodata saja.

VISI

Ikhtiar Syar'i Dalam Merajut Sakinah

MISI

Memasyarakatkan Taaruf dan Menaarufkan Masyarakat

STRUKTUR

Pelindung
Allah SWT

Penasihat
Isnan Santoso (Presiden Komunitas myQuran)

Tim Mediator  
(Dari anggota komunitas myQuran & pasangan sesama anggota RumahTaaruf.com yang telah menikah)
- Tri Wahyu Nugroho & istri -> Admin/Mediator/Moderator Pusat
- Andi & istri -> Mediator wilayah Jakarta Pusat
- Akhir & istri -> Mediator wilayah Jakarta Pusat
- Heru & istri -> Mediator wilayah Jakarta Barat 
- Ardy & istri -> Mediator wilayah Jakarta Selatan
- Aziz & istri -> Mediator wilayah Jakarta Selatan
- Hendrian & istri -> Mediator wilayah Jakarta Timur
- Agoes & istri -> Mediator wilayah Jakarta Timur
- Kamal & istri -> Mediator wilayah Jakarta Utara
- Arif & istri -> Mediator wilayah Jakarta Utara
- Dudi & istri -> Mediator wilayah Bogor
- Magelhaen & istri -> Mediator wilayah Depok
- Asta & istri -> Mediator wilayah Depok
- Ibna & istri -> Mediator wilayah Depok
- Sandy & istri -> Mediator wilayah Tangerang
- Urfan & istri -> Mediator wilayah Tangerang Selatan

- Satria & istri -> Mediator wilayah Tangerang Selatan
- Tomy & istri -> Mediator wilayah Bekasi  
- Haqi & istri -> Mediator wilayah Bekasi 
- Indra & istri -> Mediator wilayah Bekasi 
- Hari & istri -> Mediator wilayah Karawang
- Idrus & istri -> Mediator wilayah Cianjur
- Iman & istri -> Mediator wilayah Bandung

- Muslim & istri -> Mediator wilayah Bandung
- Fajar & istri -> Mediator wilayah Bandung
- Irfan & istri -> Mediator wilayah Bandung 
- Agung & istri -> Mediator wilayah Bandung
- Dany & istri -> Mediator wilayah Cimahi 
- Roni & istri -> Mediator wilayah Cimahi
- Aryan & istri -> Mediator wilayah Cimahi
- Randhi & istri -> Mediator wilayah Purwokerto
- Aji & istri -> Mediator wilayah Yogyakarta

- Darmawan & istri -> Mediator wilayah Yogyakarta
- Harianto & istri -> Mediator wilayah Surabaya 
- Arik & istri -> Mediator wilayah Surabaya
- Ian & istri -> Mediator wilayah Malang
- Dedek & istri -> Mediator wilayah Medan
- Didik & istri -> Mediator wilayah Padang
 
- Bagus & istri -> Mediator wilayah Balikpapan 
(Insya Allah akan menyusul untuk kota-kota lainnya)

Admin/Mediator/Moderator Pusat bertugas untuk mengkoordinasikan secara terpusat semua proses Taaruf Online, sedangkan untuk proses Taaruf Offline akan dimediasi oleh mediator wilayah yang lokasinya dekat dengan tempat Taaruf Offline tersebut dilaksanakan, atau dibantu oleh rekan mediator yang lain. Apabila tidak ada mediator di wilayah tersebut atau mediator wilayah berhalangan, maka proses Taaruf Offline akan didampingi langsung oleh mahram atau rekan pihak-pihak yang bertaaruf dengan tetap dipandu oleh Mediator Pusat.

Rasulullah SAW bersabda : "Sebaik-baik kalian adalah yang bermanfaat bagi orang lain" (HR. Bukhari dan Muslim). Semoga keberadaan Rumah Taaruf myQuran dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi ummat.

Aamiin. 

*Halaman Terkait : 

Pencarian Profil Biodata Taaruf

Gunakan fasilitas ini untuk mencari profil biodata dengan kata kunci sesuai kriteria yang diinginkan.

Artikel