Telusuri 7 Informan Ini Untuk Lebih Mengenal Pasangan Taaruf

Istilah taaruf berasal dari bahasa Arab yang berarti 'mengenal' atau 'berkenalan', baik itu aktivitas berkenalan secara umum maupun dalam maksud khusus, misalnya taaruf menuju pernikahan. Aktivitas taaruf pranikah ini perlu melibatkan banyak sumber informasi untuk lebih mengenal calon pasangan, tidak seperti ‘membeli kucing dalam karung’, tidak hanya berkenalan sebentar saja dan langsung menikah tanpa penelusuran lebih jauh mengenai calon pasangan. Berikut ini 7 informan yang bisa anda telusuri untuk mengenal lebih jauh pasangan taaruf sebelum anda memutuskan untuk menikah dengannya.

1. Pasangan Taaruf

Sumber informasi pertama yang dipilih tentunya adalah si pasangan taaruf. Amati kesehariannya yang nampak oleh pandangan mata anda, selanjutnya cari sebanyak mungkin informasi seputar pribadinya. Informasi yang perlu diketahui di antaranya terkait aktivitas keagamaannya, pekerjaannya, hobinya, karakter positif negatifnya, kesehariannya, aktivitas organisasinya, rencana domisili setelah menikah, bagaimana langkah-langkahnya kelak dalam mewujudkan keluarga SAMARA, bagaimana kelak dalam mengelola keuangan keluarga, dan hal-hal visioner lainnya. Tanyakan hal-hal penting dan prinsipil yang sekiranya jawaban pasangan taaruf nanti sangat menentukan lanjut tidaknya proses ke depan. Untuk awalan, CV/biodata taaruf bisa juga dibuat sebagai sarana perkenalan awal profil pribadi, cara pandang, dan harapan kedua pihak mengenai hal-hal tertentu. Sebagai referensi contoh format CV/biodata taaruf bisa diunduh di tautan ini : www.biodata.rumahtaaruf.com.

Yang perlu diingat, ada adab-adab yang perlu dijaga dalam penggalian informasi secara langsung ke pasangan taaruf ini, di antaranya tentang adab interaksi dan komunikasi antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahram. Dalam penggalian informasi ini tidak ada aktivitas berdua-duaan seperti aktivitas pacaran pada umumnya, seperti jalan berduaan, makan berduaan, boncengan motor berduaan, satu mobil berduaan, dan aktivitas berduaan lainnya. Harus ada pihak ketiga yang mendampingi selama proses taaruf dijalani untuk menghindari setan menjadi ketiganya.

Interaksi lewat media sosial dan media komunikasi jarak jauh perlu dibatasi dan dijaga sehingga tidak ada aktivitas 'bermesraan' jarak jauh sebelum kedua pihak dihalalkan dalam ikatan pernikahan. Agar proses lebih terjaga, kedua pihak bisa saling memblokir nomer handphone sehingga tidak ada kesempatan kedua pihak untuk berkomunikasi secara langsung, selanjutnya bisa dibuat grup Whatsapp atau grup media lainnya dengan melibatkan pihak ketiga dari perwakilan keluarga atau sahabat dekat tepercaya sebagai anggota grup. Hal-hal yang perlu dikomunikasikan bisa disampaikan di grup, sehingga interaksinya akan lebih terjaga karena ada pihak ketiga yang turut mengawasi percakapan di grup tersebut.

Tidak perlu berlama-lama taaruf dengan si pasangan taaruf dengan alasan ingin lebih mengenal karakternya lebih jauh, karena mungkin saja yang ditampilkan lebih dominan sikapnya yang baik-baik saja. Sebagai pelengkap, anda bisa mencari informasi tambahan ke rekan-rekan terdekat yang telah lama mengenal si pasangan taaruf dan sering berinteraksi dengannya. Prioritas pertama adalah keluarganya, kemudian tetangganya, selanjutnya rekan kerjanya, dan beberapa sumber informasi tambahan lainnya seperti uraian di bawah ini.

2. Keluarga

Keluarga pasangan taaruf adalah pihak terdekat yang mengetahui bagaimana sikap dan keseharian pasangan taaruf. Anda bisa bertanya ke bapaknya, ibunya, kakaknya, adiknya, atau anggota keluarga lain yang tentunya lebih mengenal pasangan taaruf dibanding orang lain. Tanyakan apa saja kesan positif mengenai pasangan taaruf di mata mereka dan apa saja kesan negatifnya selama tinggal bersamanya. Apabila segan dan malu bertanya langsung ke bapaknya atau ibunya, anda bisa meminta bantuan orang tua untuk penggalian lebih jauh, sekaligus sebagai ajang silaturahim kedua orang tua.

Satu waktu bisa diagendakan pertemuan antar bapak untuk lebih mengenal keduanya, titipkan pesan ke bapak anda untuk menanyakan bagaimana pesan kesan si bapak pasangan taaruf selama hidup bersama anaknya. Di waktu yang lain bisa diagendakan pertemuan antar ibu untuk lebih mengenal keduanya, titipkan pesan juga ke ibu anda untuk menanyakan bagaimana pesan kesan si ibu pasangan taaruf selama hidup bersama anaknya. Bila ada waktu luang bisa juga mengajak kakak atau adiknya bertemu di luar rumah untuk menanyakan pesan kesannya mengenai si pasangan taaruf. Sebagai catatan, bila kakak atau adiknya ini sesama laki-laki atau sesama perempuan maka tidak perlu pihak ketiga untuk mendampingi. Namun bila sebaliknya maka perlu ada pihak ketiga yang mendampingi saat pertemuan.

3. Tetangga

Sumber informasi selanjutnya adalah tetangga dari pasangan taaruf. Tetangga samping kanan rumah, kiri rumah, dan depan rumah bisa dijadikan tempat bertanya pesan kesannya ke pasangan taaruf. Apabila ada tetangganya yang berjauhan tapi termasuk sahabat dekatnya bisa ditanyakan pandangannya mengenai pasangan taaruf. Pengurus masjid setempat bisa jadi sumber informasi bagi pihak perempuan, apakah si calon pasangan laki-laki rajin shalat berjamaah di masjid atau tidak, yang bisa dijadikan salah satu pertimbangan lanjut tidaknya proses ke depan. Bisa juga ‘iseng’ bertanya ke penjaga warung di dekat rumahnya untuk menanyakan pengalaman muamalahnya, apakah pasangan taaruf ini suka berhutang tapi susah melunasi, atau selalu membayar tunai apapun yang dibelinya tanpa meninggalkan hutang sepeserpun.

4. Rekan Kerja

Sumber informasi lainnya yaitu rekan kerja dari pasangan taaruf. Rutinitas dunia kerja yang padat dengan beban kerja yang tidak ringan akan memperlihatkan sikap seseorang dalam menghadapinya. Bagaimana keseharian pasangan taaruf di dunia kerjanya bisa diketahui lewat rekan kerjanya ini, misalnya seputar kebiasaan jam masuk kerjanya, bagaimana saat mengerjakan tugas dari atasan, dan informasi lainnya seputar dunia kerjanya.

5. Rekan Organisasi/Komunitas

Sumber informasi tambahan berikutnya yaitu rekan satu organisasi atau rekan satu komunitas dari pasangan taaruf. Peran dan aktivitasnya dalam organisasi atau komunitas bisa diketahui lewat rekan organisasi ini. Misalnya terkait kepemimpinannya saat menjadi ketua divisi di suatu kepanitiaan, bagaimana tanggung jawabnya saat menjadi anggota organisasi, dan informasi lainnya seputar aktivitas di dunia organisasinya.

6. Tenaga Medis

Sumber informasi yang bisa juga dijadikan referensi tambahan yaitu dari tenaga medis. Kondisi fisik dan kesehatan pasangan taaruf bisa saja secara kasat mata terlihat normal dan tidak ada masalah, namun mungkin saja dalam dirinya ada penyakit dalam yang belum diketahuinya. Satu waktu bisa diagendakan cek medis ke dokter atau ke laboratorium klinis untuk mengetahui apakah ada masalah kesehatan dalam diri kedua pihak. Informasi hasil cek medis tersebut selanjutnya bisa dijadikan salah satu pertimbangan dalam memutuskan lanjut tidaknya proses taaruf.

7. Media Sosial

Sumber informasi terakhir yang bisa dijadikan referensi yaitu media sosial dari pasangan taaruf. Kebaikan akhlak seseorang seyogyanya akan tercermin dalam segala aspek kehidupannya, baik itu di dunia nyata maupun di dunia maya. Telusuri semua media sosial yang dimiliki pasangan taaruf apabila yang bersangkutan memang tergolong aktif di media sosial. Prinsipnya, yang terlihat baik di dunia maya belum tentu baik di dunia nyatanya, tetapi yang baik di dunia nyata seharusnya akan tecermin juga di dunia mayanya. Ditambah dengan informasi yang telah didapat dari penelusuran sumber sebelumnya, selanjutnya anda bisa istikharah dan mempertimbangkan keputusan lanjut tidaknya proses taaruf.

Di balik kelebihan seseorang pastinya ada kekurangan yang dimilikinya. Pertimbangkan secara baik-baik, apakah anda bisa menerima kelebihan dan kekurangan yang ada, ataukah ada hal-hal prinsipil yang cukup mengganjal dan tidak bisa dikompromikan. Apabila kecenderungannya positif maka proses taaruf bisa dilanjutkan ke tahap yang lebih serius, namun apabila sebaliknya maka proses taaruf bisa dihentikan dengan sebaik-baiknya, sama-sama mendoakan agar kedua pihak diberikan calon jodoh lainnya yang terbaik menurut Allah SWT. Semoga bermanfaat dan memberikan pencerahan. Wallahua'lam bishshawwab.

Salam,

Maswahyu ST (Spesialis Taaruf)
Admin RumahTaaruf.com
Website : www.maswahyu.com
Twitter & Instagram : @MaswahyuST 
 

Pencarian Profil Anggota Taaruf

Gunakan fasilitas ini untuk mencari biodata singkat anggota taaruf dengan kata kunci sesuai kriteria.

Artikel